Bagian Kemahasiswaan Fahutan UNLAM | Beasiswa | Lowongan Kerja | UKM |

Bagian Kemahasiswaan Fahutan UNLAM | Beasiswa | Lowongan Kerja | UKM | Pengumuman|dll |

Kamis, 06 September 2012

Sekilas tentang pelaksanaan P2B di Lingkungan Fakultas Kehutanan Tahun Ajaran 2012/2013

Program Persiapan Belajar (P2B) merupakan suatu upaya untuk memperkenalkan mahasiswa baru pada kehidupan kampus sehingga mereka akan lebih cepat, mudah dan tepat untuk beradaptasi dengan kehidupan kampus.  Keragaman latar belakang setiap mahasiswa baru merupakan suatu bahan pertimbangan dilaksanakannya kegiatan P2B ini sehingga mereka lebih siap secara psikologis maupun sosial untuk dapat berinteraksi secara cepat dengan tradisi kehidupan di perguruan tinggi.
Tujuan dari Program Persiapan Belajar (P2B) di UNLAM khususnya Fakultas Kehutanan UNLAM ini adalah memberikan bekal kepada mahasiswa baru tentang Pendidikan Tinggi agar supaya dapat menyiapkan diri untuk menghadapi proses belajar di Perguruan Tinggi.
Pelaksanaaan P2B di lingkungan Fakultas Kehutanan UNLAM diadakan selama 2 (dua) hari yaitu tanggal 1 dan 3 September 2012 yang bertempat di Fakultas Kehutanan UNLAM dan diketuai oleh Prof.Dr.Ir.H.M. Arief Soendjoto,MSc.
Peserta Program Persiapan Belajar (P2B) adalah mahasiswa baru Program S1 Reguler, tahun akademik 2012/2013 dan ada juga yang berasal dari mahasiswa tahun akademik 2011/2012 yang masih belum mengikuti program P2B. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan P2B berjumlah 127 orang mahasiswa. 
Materi-materi yang diberikan dalam kegiatan P2B Fakultas Kehutanan Unlam adalah sebagai berikut:
1.     Penjelasan Umum tentang Fakultas
2.     Etika di Perguruan Tinggi
3.     Cara Belajar di Perguruan Tinggi
4.     Peraturan Akademik Sistem SKS dan pengisian KRS
5.     Pengenalan Program dan Minat Studi, Pengenalan Sistem Informasi Akademik, Pengenalan Laboratorium, Pengenalan Beasiswa dan Persyaratannya serta Pengenalan Program Kreativitas Mahasiswa
6.     Kuliah Umum, Hutan dan Kehutanan serta Pemanasan Global
7.     Bakti Kampus
8.     Evaluasi Hasil Program.
Penyampaian beberapa materi tersebut memerlukan narasumber yang kompeten. Untuk itu, panitia meminta kepada narasumber-narasumber untuk mengisi materi yang sesuai. Selain itu juga ditambahkan penyampaian materi oleh Prof.Dr.Futoshi Ishiguri tentang beasiswa di Jepang, Hutan Indonesia vs Hutan di Jepang dan Cara Belajar yang Efektif.
Selama mengikuti kegiatan P2B, mahasiswa peserta diwajibkan mengikuti segala tata tertib yang telah ditetapkan oleh Dekan yang meliputi Kewajiban Peserta, Sanksi, Evaluasi Hasil Program dan Ketentuan Lainnya.
Mahasiswa peserta program P2B diwajibkan mengikuti kegiatan minimal 80%. Dan pada akhir kegiatan diadakan evaluasi.  Tingkat kehadiran peserta dan hasil evaluasi merupakan bahan pertimbangan kelulusan peserta.(yud)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar